1. ORIENTASI PERKULIAHAN
A. Pengantar Psikolinguistik & Cakupan Materi
Psikolinguistik
adalah cabang ilmu yang mengkaji hubungan antara bahasa dan proses kognitif
dalam otak manusia. Bidang ini berfokus pada bagaimana manusia memperoleh,
memahami, dan menggunakan bahasa.
Cakupan
Materi Psikolinguistik:
- Hakikat dan ruang lingkup
     Psikolinguistik
 - Bahasa manusia dan proses
     kognitif
 - Pemerolehan bahasa pertama dan
     kedua
 - Faktor yang mempengaruhi
     pemerolehan bahasa
 - Strategi kemampuan bahasa kedua
 - Gangguan bahasa dan intervensi
 - Psikolinguistik dalam
     pembelajaran bahasa
 
B. Sumber Belajar
Untuk
memahami materi Psikolinguistik, mahasiswa dapat merujuk pada sumber-sumber
berikut:
- Buku Rujukan Utama:
 - Aitchison, J. (2008). The
      Articulate Mammal: An Introduction to Psycholinguistics. Routledge.
 - Carroll, D. W. (2008). Psychology
      of Language. Thomson Wadsworth.
 - Field, J. (2003). Psycholinguistics:
      A Resource Book for Students. Routledge.
 - Jurnal & Artikel Ilmiah:
 - Journal of Psycholinguistic
      Research
 - Applied Psycholinguistics
      (Cambridge University Press)
 - Artikel dari portal akademik
      seperti Google Scholar, ResearchGate, dan DOAJ
 - Media Digital & Video
     Pembelajaran:
 - TED Talks terkait linguistik
      dan kognisi
 - Podcast tentang pemerolehan
      bahasa
 - Video dokumenter seperti The
      Secret Life of the Brain
 
C. Metode Perkuliahan
Perkuliahan
akan menggunakan metode yang bervariasi agar mahasiswa dapat memahami materi
secara optimal. Metode yang digunakan antara lain:
- Ceramah Interaktif - Dosen menjelaskan konsep
     dasar dengan diskusi terbuka.
 - Tanya Jawab dan Diskusi
     Kelompok -
     Mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menganalisis teori dan studi kasus.
 - Analisis Video dan Audio - Menggunakan rekaman
     percakapan dan video ilmiah untuk memahami proses kognitif bahasa.
 - Presentasi Mahasiswa - Setiap kelompok akan
     mempresentasikan topik tertentu.
 - Tugas dan Penelitian Mandiri - Mahasiswa diminta membaca
     jurnal atau artikel untuk dipresentasikan di kelas.
 
D. Aspek Penilaian
Penilaian
dalam mata kuliah ini dilakukan melalui beberapa komponen berikut:
| 
   Komponen Penilaian  | 
  
   Persentase (%)  | 
 
| 
   Kehadiran dan Partisipasi  | 
  
   10%  | 
 
| 
   Tugas Mandiri dan Kelompok  | 
  
   20%  | 
 
| 
   Ujian Tengah Semester (UTS)  | 
  
   30%  | 
 
| 
   Ujian Akhir Semester (UAS)  | 
  
   40%  | 
 
Keterangan:
- Kehadiran minimal 75% agar
     dapat mengikuti ujian akhir.
 - Tugas harus dikumpulkan sesuai
     dengan jadwal yang telah ditentukan.
 - Diskusi dan partisipasi aktif
     akan berpengaruh pada nilai akhir.
 
Kesimpulan
Pada
pertemuan pertama ini, mahasiswa diperkenalkan pada konsep dasar
Psikolinguistik, cakupan materinya, serta sistem perkuliahan dan penilaian.
Mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana mata kuliah ini akan dijalankan
dan memiliki gambaran umum tentang isi materi yang akan dipelajari.
Tugas:
- Bacalah Bab 1 dari buku Psycholinguistics:
     A Resource Book for Students oleh John Field.
 - Tulis ringkasan singkat (maks.
     1 halaman) tentang pengertian Psikolinguistik dan ruang lingkupnya.
 
Selamat belajar
dan semoga sukses!
1.    
Nasir,
Aco. (2022). Psikolinguistik. CV. Karya Bakti Makmur
Indonesia.
2.    
Nasir,
Aco. (2024). Psikolinguistik (Memahami Dasar Psikolinguistik).
CV. Cemerlang Publishing.
3.    
Nasir,
Aco. (2024). Linguistik Terapan. CV. Cemerlang Publishing.
4.    
Chaer,
Abdul. (2002). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar