Kamis, 13 Juni 2024

LESSON 2 CAN YOU SAIL?

Materi Ajar: Penggunaan "Yes / No Questions with 'Can'"

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami cara membuat dan menjawab pertanyaan "Yes/No" dengan menggunakan kata kerja modal "can."
  2. Siswa dapat membedakan penggunaan "can" dalam berbagai konteks.
  3. Siswa mampu membuat kalimat pertanyaan dan jawaban "Yes/No" menggunakan "can."

1. Pengertian dan Penggunaan "Can"

"Can" adalah kata kerja modal yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan, izin, atau kemungkinan. Dalam pertanyaan "Yes/No," "can" digunakan di awal kalimat untuk menanyakan apakah seseorang mampu atau diperbolehkan melakukan sesuatu.

Contoh:

  • Ability (Kemampuan):
    • Can you swim? (Apakah kamu bisa berenang?)
  • Permission (Izin):
    • Can I leave early? (Bolehkah saya pulang lebih awal?)

2. Struktur "Yes/No Question with 'Can'"

Struktur Dasar:

  • Can + Subjek + Verb (kata kerja) + Object?

Contoh Kalimat:

  • Can you play the piano? (Apakah kamu bisa bermain piano?)
  • Can she speak English? (Apakah dia bisa berbicara bahasa Inggris?)
  • Can we go to the park? (Apakah kita bisa pergi ke taman?)

3. Menjawab "Yes/No Question with 'Can'"

Struktur Jawaban:

  • Yes, + Subjek + can.
  • No, + Subjek + can't (cannot).

Contoh Jawaban:

  • Question: Can you ride a bike? (Apakah kamu bisa mengendarai sepeda?)
    • Positive Answer: Yes, I can. (Ya, saya bisa.)
    • Negative Answer: No, I can't. (Tidak, saya tidak bisa.)
  • Question: Can he cook? (Apakah dia bisa memasak?)
    • Positive Answer: Yes, he can. (Ya, dia bisa.)
    • Negative Answer: No, he can't. (Tidak, dia tidak bisa.)

4. Tabel Penggunaan "Can" dalam Yes/No Questions

Pertanyaan (Question)Jawaban Positif (Positive Answer)Jawaban Negatif (Negative Answer)
Can you swim?Yes, I can.No, I can't.
Can she drive a car?Yes, she can.No, she can't.
Can they speak French?Yes, they can.No, they can't.
Can we start the meeting now?Yes, we can.No, we can't.
Can he come to the party?Yes, he can.No, he can't.

5. Latihan:

A. Lengkapi Pertanyaan dengan "Can":

  1. _______ you help me with this?
  2. _______ she play the guitar?
  3. _______ they come to the meeting?
  4. _______ we leave now?
  5. _______ he speak Japanese?

B. Jawablah Pertanyaan Berikut:

  1. Can you speak English?
  2. Can they play soccer?
  3. Can your friend drive a car?
  4. Can we eat here?
  5. Can she finish the project on time?

Contoh Jawaban:

  1. Yes, I can.
  2. No, they can't.
  3. Yes, my friend can.
  4. Yes, we can.
  5. No, she can't.

6. Diskusi Kelas:

  • Bagaimana perasaanmu ketika seseorang menanyakan kemampuanmu dengan "can"?
  • Dalam situasi apa saja kita menggunakan "can" untuk menanyakan izin atau kemampuan?

7. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • "Can" digunakan untuk membuat pertanyaan "Yes/No" yang menanyakan tentang kemampuan atau izin.
  • Struktur pertanyaan dengan "can" selalu dimulai dengan "can," diikuti oleh subjek dan kata kerja utama.
  • Jawaban untuk pertanyaan "Yes/No" dengan "can" dapat berupa "Yes, [subjek] can" atau "No, [subjek] can't."

Tugas:

  • Buatlah 5 pertanyaan dan 5 jawaban "Yes/No" menggunakan "can," lalu diskusikan dengan teman sekelasmu.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan "Yes/No questions with 'Can'" dalam komunikasi sehari-hari, terutama dalam menanyakan kemampuan dan meminta izin. Latihan yang disediakan akan memperkuat pemahaman siswa tentang struktur kalimat dan cara menjawabnya.

Materi Ajar: Irregular Noun Plurals

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep bentuk jamak (plural) dari kata benda tidak beraturan (irregular nouns) dalam bahasa Inggris.
  2. Siswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan irregular noun plurals dalam kalimat dengan tepat.
  3. Siswa dapat membedakan antara regular dan irregular noun plurals.

1. Pengertian Irregular Noun Plurals

Kata benda dalam bahasa Inggris biasanya menjadi bentuk jamak dengan menambahkan akhiran -s atau -es. Namun, ada kata benda tertentu yang tidak mengikuti aturan ini dan berubah menjadi bentuk jamak dengan cara yang tidak beraturan. Kata-kata ini disebut Irregular Noun Plurals.

Contoh:

  • Regular: cat → cats
  • Irregular: child → children

2. Pola Umum Irregular Noun Plurals

Ada beberapa pola umum dalam perubahan irregular noun plurals. Berikut adalah beberapa di antaranya:

A. Perubahan Huruf Vokal

  • Man → Men
  • Woman → Women
  • Tooth → Teeth
  • Foot → Feet
  • Goose → Geese

B. Akhiran "en" Ditambahkan

  • Child → Children
  • Ox → Oxen

C. Kata Benda Yang Tetap Sama

  • Sheep → Sheep
  • Deer → Deer
  • Fish → Fish (meskipun "fishes" juga bisa digunakan dalam konteks tertentu)

D. Perubahan Bentuk Lain

  • Mouse → Mice
  • Person → People
  • Cactus → Cacti (atau Cactuses, namun "Cacti" lebih umum digunakan)
  • Focus → Foci

E. Kata-Kata Asal Bahasa Latin atau Yunani

  • Crisis → Crises
  • Thesis → Theses
  • Phenomenon → Phenomena
  • Datum → Data

3. Latihan: Identifikasi dan Gunakan Irregular Noun Plurals

A. Latihan Identifikasi Identifikasi apakah kata benda di bawah ini adalah regular atau irregular. Jika irregular, tuliskan bentuk jamaknya.

  1. Child
  2. Box
  3. Tooth
  4. Bus
  5. Goose

Jawaban:

  1. Child → Children (Irregular)
  2. Box → Boxes (Regular)
  3. Tooth → Teeth (Irregular)
  4. Bus → Buses (Regular)
  5. Goose → Geese (Irregular)

B. Latihan Penggunaan Buat kalimat dengan kata benda irregular plurals berikut:

  1. Women
  2. Mice
  3. Feet
  4. People
  5. Sheep

Contoh Jawaban:

  1. The women are discussing the new project.
  2. The house is full of mice.
  3. He measured his height from head to feet.
  4. Many people attended the concert.
  5. The sheep are grazing in the field.

4. Kiat Menghafal Irregular Noun Plurals

  1. Kelompokkan berdasarkan Pola: Cobalah mengelompokkan kata-kata yang memiliki pola serupa, seperti "man → men" dan "woman → women."
  2. Buat Flashcards: Buat kartu dengan bentuk tunggal di satu sisi dan bentuk jamak di sisi lain untuk membantu menghafal.
  3. Gunakan dalam Kalimat: Praktikkan menggunakan kata-kata ini dalam kalimat untuk menguatkan pemahaman.

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Irregular Noun Plurals tidak mengikuti aturan umum penambahan -s atau -es untuk menjadi bentuk jamak.
  • Berbagai kata benda memiliki cara yang berbeda dalam pembentukan bentuk jamak, dan ini perlu dihafal karena tidak ada aturan tunggal yang mengatur semua kata benda tidak beraturan.
  • Memahami dan menguasai penggunaan irregular noun plurals akan membantu siswa dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris dengan lebih akurat.

Tugas:

  • Buat daftar 10 kata benda tidak beraturan lainnya dan tuliskan bentuk jamak beserta kalimatnya.

Diskusi Kelas:

  • Mengapa penting untuk mengetahui bentuk jamak dari irregular nouns?
  • Apa yang membuat beberapa kata benda memiliki bentuk jamak yang tidak beraturan?

Materi ini dirancang untuk membantu siswa mengenali dan menggunakan irregular noun plurals dengan benar dalam konteks sehari-hari. Latihan dan diskusi kelas akan membantu memperkuat pemahaman dan penggunaan yang tepat.

 

Materi Ajar: Penggunaan "Like" dan "Doesn't Like," "Like" dan "Don't Like"

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami penggunaan "like" dan "doesn't like," "like" dan "don't like" dalam kalimat positif dan negatif.
  2. Siswa mampu membedakan penggunaan "doesn't like" dan "don't like" sesuai dengan subjek dalam kalimat.
  3. Siswa dapat membuat kalimat positif dan negatif menggunakan "like" dan "doesn't like/don't like."

1. Penggunaan "Like"

"Like" digunakan untuk mengekspresikan kesukaan terhadap sesuatu. "Like" digunakan dengan semua subjek dalam kalimat positif.

Contoh:

  • I like pizza.
  • She likes ice cream.
  • They like playing soccer.

Catatan:

  • Untuk subjek he, she, dan it, tambahkan -s pada "like" menjadi "likes."

2. Penggunaan "Doesn't Like" dan "Don't Like"

Ketika ingin mengekspresikan ketidaksukaan (negatif), gunakan "doesn't like" atau "don't like" sesuai dengan subjeknya.

  • "Doesn't Like" digunakan dengan subjek tunggal pihak ketiga (he, she, it).
  • "Don't Like" digunakan dengan subjek lainnya (I, you, we, they).

Tabel Penggunaan "Like," "Doesn't Like," "Don't Like":

SubjekPositifNegatif
II like apples.I don't like apples.
YouYou like apples.You don't like apples.
HeHe likes apples.He doesn't like apples.
SheShe likes apples.She doesn't like apples.
ItIt likes apples.It doesn't like apples.
WeWe like apples.We don't like apples.
TheyThey like apples.They don't like apples.

Contoh Kalimat:

  • Positif: She likes swimming. (Dia suka berenang.)
  • Negatif: She doesn't like swimming. (Dia tidak suka berenang.)
  • Positif: They like movies. (Mereka suka film.)
  • Negatif: They don't like horror movies. (Mereka tidak suka film horor.)

3. Latihan:

A. Lengkapi Kalimat:

  1. (I) ______ like chocolate.
  2. (She) ______ doesn't like vegetables.
  3. (They) ______ like to read books.
  4. (He) ______ doesn't like cats.
  5. (We) ______ don't like rain.

B. Buat Kalimat:

  1. I / like / soccer
  2. She / doesn't like / dancing
  3. They / like / pizza
  4. He / doesn't like / studying
  5. We / like / traveling

Contoh Jawaban:

  1. I like soccer.
  2. She doesn't like dancing.
  3. They like pizza.
  4. He doesn't like studying.
  5. We like traveling.

4. Diskusi Kelas:

  • Mengapa penting untuk mengetahui kapan menggunakan "doesn't like" dan "don't like"?
  • Bagaimana cara kita mengungkapkan kesukaan dan ketidaksukaan dalam berbagai situasi sehari-hari?

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • "Like" digunakan untuk menyatakan kesukaan dan bisa digunakan dengan semua subjek dalam kalimat positif.
  • "Doesn't like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan dengan subjek he, she, it dalam kalimat negatif.
  • "Don't like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan dengan subjek I, you, we, they dalam kalimat negatif.

Tugas:

  • Buat 5 kalimat positif dan 5 kalimat negatif menggunakan "like," "doesn't like," dan "don't like" dengan subjek yang berbeda.

Materi ini bertujuan membantu siswa memahami penggunaan "like," "doesn't like," dan "don't like" dalam komunikasi sehari-hari. Latihan dan diskusi akan memperkuat pemahaman siswa tentang bagaimana mengekspresikan kesukaan dan ketidaksukaan secara efektif.


LESSON 4 CAN THEY WORK TOGETHER, MIKE?

Teaching Materials: Prepositions of Time

1. Prepositions of Time

Prepositions of time are used to indicate when something happens. Common prepositions of time include:

  • At: specific times (e.g., at 5 PM)
  • On: specific days and dates (e.g., on Monday, on July 4th)
  • In: longer periods (e.g., in the morning, in 2024)

2. Positive Sentences

In positive sentences, prepositions of time are used to indicate when an action occurs.

Structure:

Subject + verb + preposition of time + object

Examples:

  • She will arrive at 6 PM.
  • They are meeting on Monday.
  • I will visit them in August.

3. Negative Sentences

To form negative sentences, add "not" after the verb.

Structure:

Subject + will/would + not + verb + preposition of time + object

Examples:

  • She will not arrive at 6 PM.
  • They are not meeting on Monday.
  • I will not visit them in August.

4. Questions

To form questions, invert the subject and auxiliary verb (if present) or place the preposition of time at the end of the question.

Structure:

Will/Would + subject + verb + preposition of time + object?

Examples:

  • Will she arrive at 6 PM?
  • Are they meeting on Monday?
  • Will I visit them in August?

Table Summary

Sentence TypeStructureExample
PositiveSubject + verb + preposition of time + objectShe will arrive at 6 PM.
NegativeSubject + will/would + not + verb + preposition of time + objectShe will not arrive at 6 PM.
QuestionWill/Would + subject + verb + preposition of time + object?Will she arrive at 6 PM?

Practice Exercises

  1. Positive Sentences: Complete the sentences using the appropriate preposition of time.

    • (They / leave / at 10 AM)
    • (We / have a meeting / on Friday)
    • (She / travel / in September)
  2. Negative Sentences: Rewrite the sentences in the negative form.

    • (He will visit us at noon.) → He will not visit us at noon.
    • (They are coming on Tuesday.) → They are not coming on Tuesday.
    • (I will see her in the evening.) → I will not see her in the evening.
  3. Questions: Form questions using the given information and prepositions of time.

    • (You / arrive / at 7 PM?) → Will you arrive at 7 PM?
    • (They / start / on Monday?) → Are they starting on Monday?
    • (She / leave / in the summer?) → Will she leave in the summer?



LESSON 3 I DON’T LIKE TO PLAY GOLF.

Teaching Materials: Using "Like to" and "Can"

1. Using "Like to"

"Like to" is used to express preferences or habits.

Structure for Positive Sentences:

Subject + like(s) to + verb + object

Examples:

  • I like to read books.
  • She likes to play tennis.
  • They like to cook dinner.

Structure for Negative Sentences:

Subject + do/does + not + like to + verb + object

Examples:

  • I do not like to read books.
  • She does not like to play tennis.
  • They do not like to cook dinner.

Structure for Questions:

Do/Does + subject + like to + verb + object?

Examples:

  • Do I like to read books?
  • Does she like to play tennis?
  • Do they like to cook dinner?

2. Using "Can"

"Can" is used to express ability or permission.

Structure for Positive Sentences:

Subject + can + verb + object

Examples:

  • I can swim fast.
  • He can speak French.
  • They can solve the problem.

Structure for Negative Sentences:

Subject + cannot/can't + verb + object

Examples:

  • I cannot swim fast.
  • He cannot speak French.
  • They cannot solve the problem.

Structure for Questions:

Can + subject + verb + object?

Examples:

  • Can I swim fast?
  • Can he speak French?
  • Can they solve the problem?

Table Summary

Sentence Type

"Like to" Structure

Example

"Can" Structure

Example

Positive

Subject + like(s) to + verb + object

She likes to dance.

Subject + can + verb + object

He can drive a car.

Negative

Subject + do/does + not + like to + verb + object

She does not like to dance.

Subject + cannot/can't + verb + object

He cannot drive a car.

Question

Do/Does + subject + like to + verb + object?

Does she like to dance?

Can + subject + verb + object?

Can he drive a car?

Practice Exercises

  1. Positive Sentences: Complete the sentences using "like to" or "can."
    • (They / like to / go hiking)
    • (I / can / speak Spanish)
    • (She / like to / bake cakes)
  2. Negative Sentences: Rewrite the sentences in the negative form using "like to" or "can."
    • (I like to play soccer.) → I do not like to play soccer.
    • (They can solve the problem.) → They cannot solve the problem.
    • (He likes to travel.) → He does not like to travel.
  3. Questions: Form questions using "like to" or "can."
    • (You / like to / read books?) → Do you like to read books?
    • (She / can / swim?) → Can she swim?
    • (They / like to / watch movies?) → Do they like to watch movies?

 


LESSON 1 DO YOU LIKE TO DANCE, SUSAN?

 1. Irregular Noun Plurals: Irregular Noun Plurals adalah kata benda yang membentuk bentuk jamaknya dengan cara yang tidak teratur atau tidak mengikuti pola umum penambahan "-s" atau "-es".

Contoh Irregular Noun Plurals:

  • Man (singular) → Men (plural)
  • Woman (singular) → Women (plural)
  • Child (singular) → Children (plural)
  • Tooth (singular) → Teeth (plural)
  • Foot (singular) → Feet (plural)
  • Mouse (singular) → Mice (plural)
  • Goose (singular) → Geese (plural)
  • Person (singular) → People (plural)
  • Fish (singular/plural) → Fish (plural)
  • Deer (singular/plural) → Deer (plural)

2. Regular Noun Plurals: Regular Noun Plurals adalah kata benda yang membentuk bentuk jamaknya dengan menambahkan "-s" atau "-es" pada akhir kata benda.

Contoh Regular Noun Plurals:

  • Book (singular) → Books (plural)
  • Cat (singular) → Cats (plural)
  • Dog (singular) → Dogs (plural)
  • House (singular) → Houses (plural)
  • Pen (singular) → Pens (plural)
  • Table (singular) → Tables (plural)
  • Car (singular) → Cars (plural)
  • Window (singular) → Windows (plural)
  • Girl (singular) → Girls (plural)
  • Boy (singular) → Boys (plural)

3. Penggunaan "Likes" dan "Doesn't Like": "Likes" digunakan untuk orang ketiga tunggal (he, she, it) dan subjek jamak (they, we, you) untuk menyatakan kesukaan atau preferensi terhadap suatu aktivitas atau hal tertentu.

Contoh Penggunaan "Likes":

  • He likes to dance.
  • She likes to sing.
  • They like to travel.
  • We like to watch movies.

"Doesn't Like" digunakan untuk orang ketiga tunggal (he, she, it) untuk menyatakan ketidaksukaan terhadap suatu aktivitas atau hal tertentu.

Contoh Penggunaan "Doesn't Like":

  • He doesn't like to dance.
  • She doesn't like to sing.

4. Penggunaan "Like" dan "Don't Like": "Like" digunakan untuk menyatakan kesukaan atau preferensi seseorang terhadap suatu aktivitas atau hal.

Contoh Penggunaan "Like":

  • I like dancing.
  • She likes chocolate ice cream.

"Don't Like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan seseorang terhadap suatu aktivitas atau hal.

Contoh Penggunaan "Don't Like":

  • He doesn't like spicy food.
  • They don't like waking up early in the morning.

Semoga materi ini membantu dalam memahami dan mengajarkan topik-topik yang telah Anda tentukan! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.\


Yes/No Question adalah jenis pertanyaan yang meminta jawaban "ya" atau "tidak". Pertanyaan ini sering digunakan untuk mendapatkan konfirmasi atau negasi terhadap suatu pernyataan atau situasi. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang Yes/No Question:

1. Struktur Yes/No Question:

  • Yes/No Question dimulai dengan kata kerja bantu (auxiliary verb) atau kata kerja modal, diikuti oleh subjek, dan kemudian verba utama dalam bentuk dasar (infinitive) tanpa menggunakan kata kerja bantu.
  • Untuk kalimat yang menggunakan kata kerja bantu, subjek, dan verba utama:
    • Auxiliary Verb + Subject + Main Verb

2. Contoh:

  • Are you happy?
  • Did she finish her homework?
  • Can they swim?

3. Penggunaan Yes/No Question:

  • Yes/No Question digunakan ketika pembicara ingin mendapatkan jawaban "ya" atau "tidak" sebagai respons dari pendengar.
  • Pertanyaan ini sering digunakan untuk meminta konfirmasi, klarifikasi, atau informasi tentang keadaan atau tindakan.

4. Respon Yes/No Question:

  • Untuk merespons Yes/No Question, pendengar dapat menggunakan kata "yes" untuk menyetujui pernyataan yang diajukan dalam pertanyaan, atau "no" untuk menolaknya.
  • Kadang-kadang, respon dapat lebih spesifik, misalnya "Yes, I am" atau "No, she didn't".

5. Berbagai Tipe Yes/No Question:

  • Tergantung pada konteksnya, Yes/No Question dapat menggunakan berbagai kata bantu atau kata kerja modal, seperti "is", "are", "do", "does", "did", "can", "will", "shall", dan lain-lain.

6. Keterangan Waktu dan Kondisi:

  • Kadang-kadang, Yes/No Question juga dapat menyertakan keterangan waktu atau kondisi untuk memperjelas konteksnya. Misalnya:
    • Did you finish your homework yesterday?
    • Can you swim well?

Dengan menggunakan Yes/No Question, pembicara dapat dengan cepat meminta respons dari pendengar untuk mendapatkan informasi atau memverifikasi suatu pernyataan. Ini adalah salah satu bentuk pertanyaan yang paling umum digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris.



Say, would you like to have dinner with me tonight?

 LESSON 10

Say, would you like to have dinner with me tonight? 

materi segera hadir 

How do I get to Lang's Drugstore?

 LESSON 9 How do I get to Lang's Drugstore?

materi segera hadir 

Everyone's wearing purple.

 LESSON 8  Everyone's wearing purple.

materi segera hadir 

DO YOU KNOW HOW IS MY NAME SPELLED?


Materi Ajar: The Present Passive

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep dan penggunaan kalimat pasif dalam bentuk present.
  2. Siswa mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bentuk present.
  3. Siswa dapat menggunakan present passive dalam kalimat sehari-hari.

1. Pengertian Present Passive

Kalimat pasif adalah kalimat di mana subjek menerima aksi, bukan melakukan aksi. Dalam bentuk Present Passive, fokusnya adalah pada tindakan yang sedang terjadi sekarang atau umum dilakukan, tetapi siapa yang melakukan tindakan tersebut tidak terlalu penting atau tidak diketahui.

Struktur Umum:

  • Active: Subject + Verb (present) + Object
  • Passive: Object + is/am/are + Verb 3 (Past Participle) + (by Subject)

Contoh:

  • Active: The teacher explains the lesson. (Guru menjelaskan pelajaran.)
  • Passive: The lesson is explained by the teacher. (Pelajaran dijelaskan oleh guru.)

Catatan:

  • Kata kerja bentuk ketiga (Past Participle) digunakan dalam kalimat pasif.
  • Kata kerja bantu "is/am/are" dipilih sesuai dengan subjek dalam bentuk pasif.

2. Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif

  1. Identifikasi Subjek, Kata Kerja, dan Objek di dalam kalimat aktif.

    • Contoh: "The chef cooks the meal."
    • Subjek: The chef
    • Kata Kerja: cooks
    • Objek: the meal
  2. Pindahkan Objek dari kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif.

    • "The meal..."
  3. Gunakan Kata Kerja Bantu "is/am/are" sesuai dengan subjek baru.

    • "The meal is..."
  4. Ubah Kata Kerja Utama ke bentuk Past Participle.

    • "The meal is cooked..."
  5. Tambahkan "by" + Subjek dari kalimat aktif (jika perlu, namun ini sering dihilangkan jika subjek tidak penting atau sudah diketahui).

    • "The meal is cooked by the chef."

Hasil Akhir:

  • Passive: The meal is cooked by the chef. (Makanan dimasak oleh koki.)

3. Latihan: Ubah Kalimat Aktif ke Pasif

A. Contoh Soal:

  1. The company employs many workers.
    • Passive: Many workers are employed by the company.
  2. She writes a letter.
    • Passive: A letter is written by her.
  3. They deliver the packages.
    • Passive: The packages are delivered by them.

B. Latihan untuk Siswa:

  • The gardener waters the plants.
  • The manager checks the reports.
  • The team wins the match.

4. Penggunaan Present Passive dalam Kalimat Sehari-hari

Kalimat pasif sering digunakan dalam konteks formal, seperti laporan, berita, atau pengumuman di mana tindakan lebih penting daripada siapa yang melakukan tindakan tersebut.

Contoh:

  • "The project is completed on time." (Proyek diselesaikan tepat waktu.)
  • "The homework is assigned every Monday." (Pekerjaan rumah diberikan setiap hari Senin.)

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Present Passive digunakan untuk memfokuskan pada tindakan yang sedang terjadi atau umum dilakukan saat ini.
  • Struktur dasar kalimat pasif melibatkan penggunaan "is/am/are" + kata kerja bentuk ketiga.
  • Memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif akan membantu dalam membuat kalimat yang lebih bervariasi dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.

Tugas:

  • Ubah lima kalimat aktif lainnya menjadi pasif dan sebaliknya.

Diskusi Kelas:

  • Kapan kita sebaiknya menggunakan kalimat pasif daripada kalimat aktif?
  • Berikan contoh kalimat pasif yang kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan bentuk pasif dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Pastikan siswa mempraktikkan penggunaan kalimat pasif dalam berbagai konteks untuk meningkatkan keterampilan mereka.




IT WAS GIVEN TO ME OVER FORTY YEARS AGO

Materi Ajar: The Past Passive

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep dan penggunaan kalimat pasif dalam bentuk lampau (past).
  2. Siswa mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bentuk past.
  3. Siswa dapat menggunakan past passive dalam kalimat sehari-hari.

1. Pengertian The Past Passive

Kalimat pasif digunakan ketika fokusnya adalah pada tindakan, bukan siapa yang melakukan tindakan tersebut. Dalam Past Passive, tindakan terjadi di masa lalu, dan pelakunya tidak terlalu penting atau tidak diketahui.

Struktur Umum:

  • Active: Subject + Verb (past) + Object
  • Passive: Object + was/were + Verb 3 (Past Participle) + (by Subject)

Contoh:

  • Active: The chef cooked the meal. (Koki memasak makanan.)
  • Passive: The meal was cooked by the chef. (Makanan dimasak oleh koki.)

Catatan:

  • Kata kerja bentuk ketiga (Past Participle) digunakan dalam kalimat pasif.
  • Kata kerja bantu "was/were" dipilih sesuai dengan subjek dalam bentuk pasif.

2. Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif

  1. Identifikasi Subjek, Kata Kerja, dan Objek di dalam kalimat aktif.

    • Contoh: "The teacher explained the lesson."
    • Subjek: The teacher
    • Kata Kerja: explained
    • Objek: the lesson
  2. Pindahkan Objek dari kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif.

    • "The lesson..."
  3. Gunakan Kata Kerja Bantu "was/were" sesuai dengan subjek baru.

    • "The lesson was..."
  4. Ubah Kata Kerja Utama ke bentuk Past Participle.

    • "The lesson was explained..."
  5. Tambahkan "by" + Subjek dari kalimat aktif (jika perlu).

    • "The lesson was explained by the teacher."

Hasil Akhir:

  • Passive: The lesson was explained by the teacher. (Pelajaran dijelaskan oleh guru.)

3. Latihan: Ubah Kalimat Aktif ke Pasif

A. Contoh Soal:

  1. The company hired many workers.
    • Passive: Many workers were hired by the company.
  2. She wrote a letter.
    • Passive: A letter was written by her.
  3. They delivered the packages.
    • Passive: The packages were delivered by them.

B. Latihan untuk Siswa:

  • The gardener watered the plants.
  • The manager checked the reports.
  • The team won the match.

4. Penggunaan Past Passive dalam Kalimat Sehari-hari

Kalimat pasif dalam bentuk past sering digunakan dalam laporan atau cerita ketika yang lebih penting adalah apa yang terjadi, bukan siapa yang melakukannya.

Contoh:

  • "The project was completed on time." (Proyek diselesaikan tepat waktu.)
  • "The homework was given yesterday." (Pekerjaan rumah diberikan kemarin.)

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Past Passive digunakan untuk memfokuskan pada tindakan yang telah terjadi di masa lalu.
  • Struktur dasar kalimat pasif melibatkan penggunaan "was/were" + kata kerja bentuk ketiga.
  • Memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif akan membantu dalam membuat kalimat yang lebih bervariasi dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.

Tugas:

  • Ubah lima kalimat aktif lainnya menjadi pasif dan sebaliknya.

Diskusi Kelas:

  • Dalam situasi apa kita sebaiknya menggunakan kalimat pasif daripada kalimat aktif?
  • Berikan contoh kalimat pasif dalam bentuk past yang kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan bentuk pasif dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Latihan dan diskusi akan memperdalam pemahaman siswa mengenai penggunaan Past Passive dalam berbagai konteks

Daftar konten: 

LESSON 11 It's the third building on the right.

LESSON 11 It's the third building on the right.

materi segera hadir 

But, I Want you to do it with jake.

 But, I Want you to do it with jake.

materi segera hadir 

Investasi Emas vs Saham: Mana yang Cocok untuk Anda?

Menabung dan Investasi Halo, Sobat Catatan Digital! Akhir-akhir ini, obrolan soal keuangan dan investasi makin ramai, ya? Mulai dari anak m...