Kamis, 13 Juni 2024

DO YOU KNOW HOW IS MY NAME SPELLED?


Materi Ajar: The Present Passive

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep dan penggunaan kalimat pasif dalam bentuk present.
  2. Siswa mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bentuk present.
  3. Siswa dapat menggunakan present passive dalam kalimat sehari-hari.

1. Pengertian Present Passive

Kalimat pasif adalah kalimat di mana subjek menerima aksi, bukan melakukan aksi. Dalam bentuk Present Passive, fokusnya adalah pada tindakan yang sedang terjadi sekarang atau umum dilakukan, tetapi siapa yang melakukan tindakan tersebut tidak terlalu penting atau tidak diketahui.

Struktur Umum:

  • Active: Subject + Verb (present) + Object
  • Passive: Object + is/am/are + Verb 3 (Past Participle) + (by Subject)

Contoh:

  • Active: The teacher explains the lesson. (Guru menjelaskan pelajaran.)
  • Passive: The lesson is explained by the teacher. (Pelajaran dijelaskan oleh guru.)

Catatan:

  • Kata kerja bentuk ketiga (Past Participle) digunakan dalam kalimat pasif.
  • Kata kerja bantu "is/am/are" dipilih sesuai dengan subjek dalam bentuk pasif.

2. Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif

  1. Identifikasi Subjek, Kata Kerja, dan Objek di dalam kalimat aktif.

    • Contoh: "The chef cooks the meal."
    • Subjek: The chef
    • Kata Kerja: cooks
    • Objek: the meal
  2. Pindahkan Objek dari kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif.

    • "The meal..."
  3. Gunakan Kata Kerja Bantu "is/am/are" sesuai dengan subjek baru.

    • "The meal is..."
  4. Ubah Kata Kerja Utama ke bentuk Past Participle.

    • "The meal is cooked..."
  5. Tambahkan "by" + Subjek dari kalimat aktif (jika perlu, namun ini sering dihilangkan jika subjek tidak penting atau sudah diketahui).

    • "The meal is cooked by the chef."

Hasil Akhir:

  • Passive: The meal is cooked by the chef. (Makanan dimasak oleh koki.)

3. Latihan: Ubah Kalimat Aktif ke Pasif

A. Contoh Soal:

  1. The company employs many workers.
    • Passive: Many workers are employed by the company.
  2. She writes a letter.
    • Passive: A letter is written by her.
  3. They deliver the packages.
    • Passive: The packages are delivered by them.

B. Latihan untuk Siswa:

  • The gardener waters the plants.
  • The manager checks the reports.
  • The team wins the match.

4. Penggunaan Present Passive dalam Kalimat Sehari-hari

Kalimat pasif sering digunakan dalam konteks formal, seperti laporan, berita, atau pengumuman di mana tindakan lebih penting daripada siapa yang melakukan tindakan tersebut.

Contoh:

  • "The project is completed on time." (Proyek diselesaikan tepat waktu.)
  • "The homework is assigned every Monday." (Pekerjaan rumah diberikan setiap hari Senin.)

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Present Passive digunakan untuk memfokuskan pada tindakan yang sedang terjadi atau umum dilakukan saat ini.
  • Struktur dasar kalimat pasif melibatkan penggunaan "is/am/are" + kata kerja bentuk ketiga.
  • Memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif akan membantu dalam membuat kalimat yang lebih bervariasi dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.

Tugas:

  • Ubah lima kalimat aktif lainnya menjadi pasif dan sebaliknya.

Diskusi Kelas:

  • Kapan kita sebaiknya menggunakan kalimat pasif daripada kalimat aktif?
  • Berikan contoh kalimat pasif yang kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan bentuk pasif dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Pastikan siswa mempraktikkan penggunaan kalimat pasif dalam berbagai konteks untuk meningkatkan keterampilan mereka.




IT WAS GIVEN TO ME OVER FORTY YEARS AGO

Materi Ajar: The Past Passive

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep dan penggunaan kalimat pasif dalam bentuk lampau (past).
  2. Siswa mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bentuk past.
  3. Siswa dapat menggunakan past passive dalam kalimat sehari-hari.

1. Pengertian The Past Passive

Kalimat pasif digunakan ketika fokusnya adalah pada tindakan, bukan siapa yang melakukan tindakan tersebut. Dalam Past Passive, tindakan terjadi di masa lalu, dan pelakunya tidak terlalu penting atau tidak diketahui.

Struktur Umum:

  • Active: Subject + Verb (past) + Object
  • Passive: Object + was/were + Verb 3 (Past Participle) + (by Subject)

Contoh:

  • Active: The chef cooked the meal. (Koki memasak makanan.)
  • Passive: The meal was cooked by the chef. (Makanan dimasak oleh koki.)

Catatan:

  • Kata kerja bentuk ketiga (Past Participle) digunakan dalam kalimat pasif.
  • Kata kerja bantu "was/were" dipilih sesuai dengan subjek dalam bentuk pasif.

2. Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif

  1. Identifikasi Subjek, Kata Kerja, dan Objek di dalam kalimat aktif.

    • Contoh: "The teacher explained the lesson."
    • Subjek: The teacher
    • Kata Kerja: explained
    • Objek: the lesson
  2. Pindahkan Objek dari kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif.

    • "The lesson..."
  3. Gunakan Kata Kerja Bantu "was/were" sesuai dengan subjek baru.

    • "The lesson was..."
  4. Ubah Kata Kerja Utama ke bentuk Past Participle.

    • "The lesson was explained..."
  5. Tambahkan "by" + Subjek dari kalimat aktif (jika perlu).

    • "The lesson was explained by the teacher."

Hasil Akhir:

  • Passive: The lesson was explained by the teacher. (Pelajaran dijelaskan oleh guru.)

3. Latihan: Ubah Kalimat Aktif ke Pasif

A. Contoh Soal:

  1. The company hired many workers.
    • Passive: Many workers were hired by the company.
  2. She wrote a letter.
    • Passive: A letter was written by her.
  3. They delivered the packages.
    • Passive: The packages were delivered by them.

B. Latihan untuk Siswa:

  • The gardener watered the plants.
  • The manager checked the reports.
  • The team won the match.

4. Penggunaan Past Passive dalam Kalimat Sehari-hari

Kalimat pasif dalam bentuk past sering digunakan dalam laporan atau cerita ketika yang lebih penting adalah apa yang terjadi, bukan siapa yang melakukannya.

Contoh:

  • "The project was completed on time." (Proyek diselesaikan tepat waktu.)
  • "The homework was given yesterday." (Pekerjaan rumah diberikan kemarin.)

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Past Passive digunakan untuk memfokuskan pada tindakan yang telah terjadi di masa lalu.
  • Struktur dasar kalimat pasif melibatkan penggunaan "was/were" + kata kerja bentuk ketiga.
  • Memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif akan membantu dalam membuat kalimat yang lebih bervariasi dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.

Tugas:

  • Ubah lima kalimat aktif lainnya menjadi pasif dan sebaliknya.

Diskusi Kelas:

  • Dalam situasi apa kita sebaiknya menggunakan kalimat pasif daripada kalimat aktif?
  • Berikan contoh kalimat pasif dalam bentuk past yang kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan bentuk pasif dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Latihan dan diskusi akan memperdalam pemahaman siswa mengenai penggunaan Past Passive dalam berbagai konteks

Daftar konten: 

LESSON 11 It's the third building on the right.

LESSON 11 It's the third building on the right.

materi segera hadir 

But, I Want you to do it with jake.

 But, I Want you to do it with jake.

materi segera hadir 

LESSON 12 Would you like to go to Scotto's?

 LESSON 12 Would you like to go to Scotto's?

materi segera hadir 

JEFF, BE AS CALM AS YOU CAN

 JEFF, BE AS CALM AS YOU CAN

materi segera hadir 




SHE IS AS BEAUTIFUL AS HER MOTHER

 SHE IS AS BEAUTIFUL AS HER MOTHER

Materi Ajar: Penggunaan Kalimat "She is beautiful as her mother"

Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami struktur kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris, khususnya penggunaan "as...as".
  • Mengidentifikasi kesalahan umum dalam membentuk kalimat perbandingan.
  • Menerapkan struktur kalimat perbandingan yang benar dalam bahasa Inggris.

Pendahuluan:

Kalimat perbandingan sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan bahwa dua hal atau lebih memiliki tingkat karakteristik yang sama. Salah satu cara untuk membuat perbandingan dalam bahasa Inggris adalah dengan menggunakan struktur "as...as". Namun, perlu diperhatikan bahwa ada perbedaan dalam penggunaan ketika membandingkan dua hal berdasarkan kesetaraan (equality) atau perbedaan (inequality).

Penjelasan Tata Bahasa:



  1. Struktur Perbandingan "as...as":

    • "as...as" digunakan untuk menunjukkan bahwa dua hal memiliki sifat yang sama atau setara dalam suatu aspek.
    • Struktur kalimatnya adalah:
      • as + adjective/adverb + as
    • Contoh yang benar:
      • She is as beautiful as her mother.
        • Artinya: Dia (perempuan) secantik ibunya.
        • Struktur ini digunakan karena kita membandingkan dua orang (dia dan ibunya) dalam hal kecantikan, dan menyatakan bahwa mereka sama cantiknya.
  2. Kesalahan Umum dalam Kalimat "She is beautiful as her mother":

    • Kalimat ini tidak mengikuti struktur perbandingan yang tepat karena menghilangkan satu kata "as" yang seharusnya ada di awal perbandingan.
    • Kalimat yang benar seharusnya: "She is as beautiful as her mother."
    • "as...as" adalah pasangan yang harus digunakan bersama untuk menyatakan kesetaraan. Tanpa "as" pertama, kalimat ini tidak lengkap dan tata bahasanya salah.
  3. Mengapa Struktur Ini Penting:

    • "as...as" memastikan bahwa pembaca atau pendengar mengerti bahwa dua hal yang dibandingkan memiliki tingkat sifat yang sama.
    • Kesalahan seperti yang ditemukan pada kalimat "She is beautiful as her mother" bisa menyebabkan kebingungan atau kesalahpahaman, dan membuat kalimat terdengar tidak alami bagi penutur asli bahasa Inggris.

Contoh Lain Penggunaan "as...as":

  1. The exam was as difficult as I expected.
    (Ujian tersebut sesulit yang saya perkirakan.)

  2. He runs as fast as a cheetah.
    (Dia berlari secepat seekor cheetah.)

  3. This movie is not as interesting as the book.
    (Film ini tidak semenarik bukunya.)

Latihan:

  1. Perbaiki kalimat-kalimat berikut dengan menggunakan struktur "as...as":

    • She is smart her brother.
    • The cake is delicious your pie.
    • His car is expensive my car.
  2. Buatlah kalimat perbandingan menggunakan "as...as" dengan menggunakan kata sifat berikut:

    • tall
    • bright
    • cold

Materi Ajar: Penggunaan Kalimat "She is as beautiful as her mother" dalam Perbandingan Setara

Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami konsep perbandingan setara (comparative of equality) dalam bahasa Inggris.
  • Mengidentifikasi struktur kalimat yang benar untuk menyatakan kesetaraan.
  • Mampu membuat kalimat perbandingan setara dengan berbagai kata sifat.

Pendahuluan:

Dalam bahasa Inggris, perbandingan setara (comparative of equality) digunakan untuk menunjukkan bahwa dua hal memiliki tingkat atau kualitas yang sama. Untuk membuat perbandingan seperti ini, kita menggunakan pola khusus yang melibatkan kata "as" di kedua sisi kata sifat atau kata keterangan.

Penjelasan Tata Bahasa:

  1. Struktur Perbandingan Setara:

    • Untuk membuat perbandingan setara dalam bahasa Inggris, gunakan struktur:
      • as + adjective/adverb + as
    • Struktur ini digunakan untuk menunjukkan bahwa subjek pertama memiliki kualitas yang sama dengan subjek kedua.
  2. Contoh Kalimat yang Benar:

    • She is as beautiful as her mother.
      • She (Dia) adalah subjek pertama, beautiful (cantik) adalah kata sifat, dan her mother (ibunya) adalah subjek kedua.
      • Kalimat ini berarti bahwa kecantikan si dia (perempuan) setara dengan kecantikan ibunya.
  3. Catatan Penting:

    • Jika Anda ingin menyatakan bahwa dua hal tidak memiliki kualitas yang sama, gunakan struktur:
      • not as + adjective/adverb + as
    • Contoh: She is not as tall as her brother.
      • Kalimat ini berarti dia (perempuan) tidak setinggi kakaknya (laki-laki).

Contoh Penggunaan Perbandingan Setara dengan Kata Sifat Lain:

  1. He is as smart as his sister.
    (Dia sepintar saudara perempuannya.)

  2. This car is as fast as that one.
    (Mobil ini secepat mobil itu.)

  3. The test was as easy as the last one.
    (Ujian itu semudah yang terakhir.)

  4. The weather today is as cold as it was yesterday.
    (Cuaca hari ini sedingin kemarin.)

Latihan:

  1. Buat kalimat perbandingan setara menggunakan kata sifat berikut:

    • kind
    • old
    • bright
  2. Ubah kalimat berikut menjadi perbandingan setara:

    • This bag is expensive. That bag is expensive too.
      → This bag is as expensive as that bag.

    • John is strong. Mike is also strong.
      → John is as strong as Mike.

Penutup:

Memahami cara menggunakan perbandingan setara dalam bahasa Inggris memungkinkan siswa untuk membuat pernyataan tentang dua hal yang memiliki tingkat atau kualitas yang sama. Penggunaan struktur "as...as" dalam perbandingan setara adalah keterampilan penting yang harus dikuasai untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris. 

Penggunaan struktur "as...as" dalam kalimat perbandingan adalah dasar penting dalam tata bahasa Inggris. Dengan mempelajari dan memahami bagaimana cara menggunakan struktur ini dengan benar, siswa akan mampu membuat perbandingan yang tepat dan efektif dalam bahasa Inggris.




)


IT HAS AN ENERMOUS LIVING ROOM WITH A FANTASTIC VIEW

 IT HAS AN ENERMOUS LIVING ROOM WITH A FANTASTIC VIEW

Materi Ajar: Penggunaan Questions with "How" and "What"

Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami perbedaan penggunaan how dan what dalam kalimat tanya.
  • Mengenali berbagai bentuk pertanyaan yang dapat dibuat menggunakan how dan what.
  • Mampu membuat dan menjawab pertanyaan dengan how dan what dengan benar.

Pendahuluan:

Dalam bahasa Inggris, how dan what adalah dua kata tanya yang sering digunakan untuk meminta informasi. Meskipun keduanya sering muncul dalam pertanyaan, mereka memiliki penggunaan yang berbeda dan menargetkan jenis informasi yang berbeda pula.

Penjelasan Tata Bahasa:

  1. Penggunaan "How":

    • How digunakan untuk menanyakan cara, keadaan, atau jumlah/derajat sesuatu.
    • Bentuk-bentuk umum dari pertanyaan dengan how meliputi:
      • How + adjective/adverb: menanyakan tentang derajat atau keadaan.
      • How + verb: menanyakan cara melakukan sesuatu.
      • How + much/many: menanyakan jumlah atau kuantitas.
  2. Penggunaan "What":

    • What digunakan untuk menanyakan tentang objek, subjek, atau informasi umum.
    • Bentuk-bentuk umum dari pertanyaan dengan what meliputi:
      • What + noun: menanyakan tentang identitas atau jenis sesuatu.
      • What + verb: menanyakan tentang tindakan atau peristiwa.
      • What + like: menanyakan tentang sifat atau deskripsi dari sesuatu.

Tabel Penggunaan "How" dan "What":

Question WordStructureExampleMeaning
HowHow + adjective/adverbHow tall are you?Menanyakan derajat (seberapa tinggi)
HowHow + verbHow do you make this cake?Menanyakan cara (bagaimana cara membuat kue ini)
HowHow much/many + nounHow many books do you have?Menanyakan jumlah (berapa banyak buku yang kamu punya)
WhatWhat + nounWhat time is it?Menanyakan informasi spesifik (jam berapa sekarang?)
WhatWhat + verbWhat did you eat for lunch?Menanyakan tindakan (apa yang kamu makan siang tadi?)
WhatWhat + likeWhat is the weather like today?Menanyakan sifat atau keadaan (bagaimana cuacanya?)

Contoh Penggunaan dalam Kalimat:

  1. How:

    • How old are you? (Berapa usia kamu?)
    • How do you get to school? (Bagaimana cara kamu pergi ke sekolah?)
    • How many people attended the meeting? (Berapa banyak orang yang menghadiri rapat?)
    • How far is your house from here? (Seberapa jauh rumahmu dari sini?)
  2. What:

    • What is your name? (Siapa nama kamu?)
    • What do you do? (Apa pekerjaanmu?)
    • What are you doing? (Apa yang sedang kamu lakukan?)
    • What is your favorite color? (Apa warna favoritmu?)
    • What is she like? (Bagaimana sifatnya?)

Latihan:

  1. Buatlah lima pertanyaan menggunakan how dengan berbagai struktur yang telah dijelaskan.
  2. Buatlah lima pertanyaan menggunakan what dengan berbagai struktur yang telah dijelaskan.
  3. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar:
    • How much water do you drink daily?
    • What is your hobby?
    • How do you spell your name?
    • What time do you usually wake up?

Penutup:

Memahami penggunaan how dan what dalam pertanyaan adalah bagian penting dari komunikasi yang efektif dalam bahasa Inggris. Dengan menguasai berbagai bentuk pertanyaan yang bisa dibuat dengan how dan what, siswa dapat memperluas kemampuan bertanya dan menjawab dengan lebih akurat dan bervariasi.




You and Jake have to work together.

 ESSON 13 You and Jake have to work together.

materi segera hadir 

You should be nice to him.

 You should be nice to him.

materi segera hadir 

TRY TOP OF THE TOWN

 TRY TOP OF THE TOWN

Materi Ajar: Penggunaan Artikel "the" dengan Nama Tempat

Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami kapan dan mengapa artikel "the" digunakan dengan nama tempat dalam bahasa Inggris.
  • Mengidentifikasi jenis nama tempat yang menggunakan atau tidak menggunakan artikel "the".
  • Menerapkan penggunaan artikel "the" dengan benar dalam kalimat yang melibatkan nama tempat.

Pendahuluan:

Artikel "the" adalah salah satu artikel definitif dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang spesifik atau sudah diketahui oleh pembicara dan pendengar. Namun, ketika berbicara tentang nama tempat, aturan penggunaan artikel "the" dapat bervariasi dan perlu dipahami dengan benar untuk menghindari kesalahan dalam berkomunikasi.

Penggunaan Artikel "the" dengan Nama Tempat:

  1. Nama Negara dan Benua:

    • Tidak Menggunakan "the": Nama negara dan benua pada umumnya tidak menggunakan "the".
      • Contoh: France, Japan, Africa, Europe.
    • Menggunakan "the": Negara yang namanya mencakup kata-kata seperti "republic," "kingdom," "states," atau yang merupakan gabungan dari beberapa wilayah biasanya menggunakan "the".
      • Contoh: the United States, the United Kingdom, the Netherlands, the Philippines.
  2. Nama Pulau dan Kepulauan:

    • Tidak Menggunakan "the": Nama pulau biasanya tidak menggunakan "the".
      • Contoh: Bali, Madagascar.
    • Menggunakan "the": Nama kepulauan menggunakan "the".
      • Contoh: the Maldives, the Bahamas.
  3. Nama Sungai, Laut, dan Samudra:

    • Menggunakan "the": Nama sungai, laut, dan samudra selalu menggunakan "the".
      • Contoh: the Nile, the Pacific Ocean, the Mediterranean Sea.
  4. Nama Gunung dan Pegunungan:

    • Tidak Menggunakan "the": Nama gunung tunggal biasanya tidak menggunakan "the".
      • Contoh: Mount Everest, Mount Fuji.
    • Menggunakan "the": Nama pegunungan atau rangkaian gunung menggunakan "the".
      • Contoh: the Alps, the Rocky Mountains.
  5. Nama Bangunan Bersejarah dan Monumen:

    • Menggunakan "the": Nama bangunan bersejarah atau monumen terkenal biasanya menggunakan "the".
      • Contoh: the Eiffel Tower, the Great Wall of China, the Colosseum.
  6. Nama Jalan dan Tempat Umum:

    • Tidak Menggunakan "the": Nama jalan dan tempat umum seperti taman, bandara, stasiun, biasanya tidak menggunakan "the".
      • Contoh: Times Square, Central Park, Heathrow Airport.
    • Menggunakan "the": Nama tempat umum yang mengandung kata-kata seperti "hotel," "cinema," "museum" biasanya menggunakan "the".
      • Contoh: the Hilton Hotel, the British Museum, the Empire Cinema.

Contoh Kalimat:

  1. I visited the United States last summer.
  2. She climbed Mount Everest during her vacation.
  3. They took a cruise on the Mediterranean Sea.
  4. He lives near Times Square in New York.
  5. The group hiked through the Alps for a week.

Latihan:

  1. Tuliskan lima nama tempat yang menggunakan artikel "the" dan lima yang tidak menggunakan artikel "the".
  2. Buat kalimat dengan nama tempat di atas dan pastikan penggunaan artikel "the" sudah benar.

Penutup:

Memahami kapan harus menggunakan artikel "the" dengan nama tempat adalah keterampilan penting dalam penggunaan bahasa Inggris yang tepat. Dengan latihan dan perhatian pada aturan-aturan yang telah disebutkan, Anda dapat meningkatkan keakuratan dalam berkomunikasi.



Daftar k

Investasi Emas vs Saham: Mana yang Cocok untuk Anda?

Menabung dan Investasi Halo, Sobat Catatan Digital! Akhir-akhir ini, obrolan soal keuangan dan investasi makin ramai, ya? Mulai dari anak m...