Kamis, 13 Juni 2024

LESSON 1 DO YOU LIKE TO DANCE, SUSAN?

 1. Irregular Noun Plurals: Irregular Noun Plurals adalah kata benda yang membentuk bentuk jamaknya dengan cara yang tidak teratur atau tidak mengikuti pola umum penambahan "-s" atau "-es".

Contoh Irregular Noun Plurals:

  • Man (singular) → Men (plural)
  • Woman (singular) → Women (plural)
  • Child (singular) → Children (plural)
  • Tooth (singular) → Teeth (plural)
  • Foot (singular) → Feet (plural)
  • Mouse (singular) → Mice (plural)
  • Goose (singular) → Geese (plural)
  • Person (singular) → People (plural)
  • Fish (singular/plural) → Fish (plural)
  • Deer (singular/plural) → Deer (plural)

2. Regular Noun Plurals: Regular Noun Plurals adalah kata benda yang membentuk bentuk jamaknya dengan menambahkan "-s" atau "-es" pada akhir kata benda.

Contoh Regular Noun Plurals:

  • Book (singular) → Books (plural)
  • Cat (singular) → Cats (plural)
  • Dog (singular) → Dogs (plural)
  • House (singular) → Houses (plural)
  • Pen (singular) → Pens (plural)
  • Table (singular) → Tables (plural)
  • Car (singular) → Cars (plural)
  • Window (singular) → Windows (plural)
  • Girl (singular) → Girls (plural)
  • Boy (singular) → Boys (plural)

3. Penggunaan "Likes" dan "Doesn't Like": "Likes" digunakan untuk orang ketiga tunggal (he, she, it) dan subjek jamak (they, we, you) untuk menyatakan kesukaan atau preferensi terhadap suatu aktivitas atau hal tertentu.

Contoh Penggunaan "Likes":

  • He likes to dance.
  • She likes to sing.
  • They like to travel.
  • We like to watch movies.

"Doesn't Like" digunakan untuk orang ketiga tunggal (he, she, it) untuk menyatakan ketidaksukaan terhadap suatu aktivitas atau hal tertentu.

Contoh Penggunaan "Doesn't Like":

  • He doesn't like to dance.
  • She doesn't like to sing.

4. Penggunaan "Like" dan "Don't Like": "Like" digunakan untuk menyatakan kesukaan atau preferensi seseorang terhadap suatu aktivitas atau hal.

Contoh Penggunaan "Like":

  • I like dancing.
  • She likes chocolate ice cream.

"Don't Like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan seseorang terhadap suatu aktivitas atau hal.

Contoh Penggunaan "Don't Like":

  • He doesn't like spicy food.
  • They don't like waking up early in the morning.

Semoga materi ini membantu dalam memahami dan mengajarkan topik-topik yang telah Anda tentukan! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.\


Yes/No Question adalah jenis pertanyaan yang meminta jawaban "ya" atau "tidak". Pertanyaan ini sering digunakan untuk mendapatkan konfirmasi atau negasi terhadap suatu pernyataan atau situasi. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang Yes/No Question:

1. Struktur Yes/No Question:

  • Yes/No Question dimulai dengan kata kerja bantu (auxiliary verb) atau kata kerja modal, diikuti oleh subjek, dan kemudian verba utama dalam bentuk dasar (infinitive) tanpa menggunakan kata kerja bantu.
  • Untuk kalimat yang menggunakan kata kerja bantu, subjek, dan verba utama:
    • Auxiliary Verb + Subject + Main Verb

2. Contoh:

  • Are you happy?
  • Did she finish her homework?
  • Can they swim?

3. Penggunaan Yes/No Question:

  • Yes/No Question digunakan ketika pembicara ingin mendapatkan jawaban "ya" atau "tidak" sebagai respons dari pendengar.
  • Pertanyaan ini sering digunakan untuk meminta konfirmasi, klarifikasi, atau informasi tentang keadaan atau tindakan.

4. Respon Yes/No Question:

  • Untuk merespons Yes/No Question, pendengar dapat menggunakan kata "yes" untuk menyetujui pernyataan yang diajukan dalam pertanyaan, atau "no" untuk menolaknya.
  • Kadang-kadang, respon dapat lebih spesifik, misalnya "Yes, I am" atau "No, she didn't".

5. Berbagai Tipe Yes/No Question:

  • Tergantung pada konteksnya, Yes/No Question dapat menggunakan berbagai kata bantu atau kata kerja modal, seperti "is", "are", "do", "does", "did", "can", "will", "shall", dan lain-lain.

6. Keterangan Waktu dan Kondisi:

  • Kadang-kadang, Yes/No Question juga dapat menyertakan keterangan waktu atau kondisi untuk memperjelas konteksnya. Misalnya:
    • Did you finish your homework yesterday?
    • Can you swim well?

Dengan menggunakan Yes/No Question, pembicara dapat dengan cepat meminta respons dari pendengar untuk mendapatkan informasi atau memverifikasi suatu pernyataan. Ini adalah salah satu bentuk pertanyaan yang paling umum digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris.



Say, would you like to have dinner with me tonight?

 LESSON 10

Say, would you like to have dinner with me tonight? 

materi segera hadir 

How do I get to Lang's Drugstore?

 LESSON 9 How do I get to Lang's Drugstore?

materi segera hadir 

Everyone's wearing purple.

 LESSON 8  Everyone's wearing purple.

materi segera hadir 

DO YOU KNOW HOW IS MY NAME SPELLED?


Materi Ajar: The Present Passive

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep dan penggunaan kalimat pasif dalam bentuk present.
  2. Siswa mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bentuk present.
  3. Siswa dapat menggunakan present passive dalam kalimat sehari-hari.

1. Pengertian Present Passive

Kalimat pasif adalah kalimat di mana subjek menerima aksi, bukan melakukan aksi. Dalam bentuk Present Passive, fokusnya adalah pada tindakan yang sedang terjadi sekarang atau umum dilakukan, tetapi siapa yang melakukan tindakan tersebut tidak terlalu penting atau tidak diketahui.

Struktur Umum:

  • Active: Subject + Verb (present) + Object
  • Passive: Object + is/am/are + Verb 3 (Past Participle) + (by Subject)

Contoh:

  • Active: The teacher explains the lesson. (Guru menjelaskan pelajaran.)
  • Passive: The lesson is explained by the teacher. (Pelajaran dijelaskan oleh guru.)

Catatan:

  • Kata kerja bentuk ketiga (Past Participle) digunakan dalam kalimat pasif.
  • Kata kerja bantu "is/am/are" dipilih sesuai dengan subjek dalam bentuk pasif.

2. Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif

  1. Identifikasi Subjek, Kata Kerja, dan Objek di dalam kalimat aktif.

    • Contoh: "The chef cooks the meal."
    • Subjek: The chef
    • Kata Kerja: cooks
    • Objek: the meal
  2. Pindahkan Objek dari kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif.

    • "The meal..."
  3. Gunakan Kata Kerja Bantu "is/am/are" sesuai dengan subjek baru.

    • "The meal is..."
  4. Ubah Kata Kerja Utama ke bentuk Past Participle.

    • "The meal is cooked..."
  5. Tambahkan "by" + Subjek dari kalimat aktif (jika perlu, namun ini sering dihilangkan jika subjek tidak penting atau sudah diketahui).

    • "The meal is cooked by the chef."

Hasil Akhir:

  • Passive: The meal is cooked by the chef. (Makanan dimasak oleh koki.)

3. Latihan: Ubah Kalimat Aktif ke Pasif

A. Contoh Soal:

  1. The company employs many workers.
    • Passive: Many workers are employed by the company.
  2. She writes a letter.
    • Passive: A letter is written by her.
  3. They deliver the packages.
    • Passive: The packages are delivered by them.

B. Latihan untuk Siswa:

  • The gardener waters the plants.
  • The manager checks the reports.
  • The team wins the match.

4. Penggunaan Present Passive dalam Kalimat Sehari-hari

Kalimat pasif sering digunakan dalam konteks formal, seperti laporan, berita, atau pengumuman di mana tindakan lebih penting daripada siapa yang melakukan tindakan tersebut.

Contoh:

  • "The project is completed on time." (Proyek diselesaikan tepat waktu.)
  • "The homework is assigned every Monday." (Pekerjaan rumah diberikan setiap hari Senin.)

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Present Passive digunakan untuk memfokuskan pada tindakan yang sedang terjadi atau umum dilakukan saat ini.
  • Struktur dasar kalimat pasif melibatkan penggunaan "is/am/are" + kata kerja bentuk ketiga.
  • Memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif akan membantu dalam membuat kalimat yang lebih bervariasi dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.

Tugas:

  • Ubah lima kalimat aktif lainnya menjadi pasif dan sebaliknya.

Diskusi Kelas:

  • Kapan kita sebaiknya menggunakan kalimat pasif daripada kalimat aktif?
  • Berikan contoh kalimat pasif yang kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan bentuk pasif dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Pastikan siswa mempraktikkan penggunaan kalimat pasif dalam berbagai konteks untuk meningkatkan keterampilan mereka.




IT WAS GIVEN TO ME OVER FORTY YEARS AGO

Materi Ajar: The Past Passive

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep dan penggunaan kalimat pasif dalam bentuk lampau (past).
  2. Siswa mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bentuk past.
  3. Siswa dapat menggunakan past passive dalam kalimat sehari-hari.

1. Pengertian The Past Passive

Kalimat pasif digunakan ketika fokusnya adalah pada tindakan, bukan siapa yang melakukan tindakan tersebut. Dalam Past Passive, tindakan terjadi di masa lalu, dan pelakunya tidak terlalu penting atau tidak diketahui.

Struktur Umum:

  • Active: Subject + Verb (past) + Object
  • Passive: Object + was/were + Verb 3 (Past Participle) + (by Subject)

Contoh:

  • Active: The chef cooked the meal. (Koki memasak makanan.)
  • Passive: The meal was cooked by the chef. (Makanan dimasak oleh koki.)

Catatan:

  • Kata kerja bentuk ketiga (Past Participle) digunakan dalam kalimat pasif.
  • Kata kerja bantu "was/were" dipilih sesuai dengan subjek dalam bentuk pasif.

2. Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif

  1. Identifikasi Subjek, Kata Kerja, dan Objek di dalam kalimat aktif.

    • Contoh: "The teacher explained the lesson."
    • Subjek: The teacher
    • Kata Kerja: explained
    • Objek: the lesson
  2. Pindahkan Objek dari kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif.

    • "The lesson..."
  3. Gunakan Kata Kerja Bantu "was/were" sesuai dengan subjek baru.

    • "The lesson was..."
  4. Ubah Kata Kerja Utama ke bentuk Past Participle.

    • "The lesson was explained..."
  5. Tambahkan "by" + Subjek dari kalimat aktif (jika perlu).

    • "The lesson was explained by the teacher."

Hasil Akhir:

  • Passive: The lesson was explained by the teacher. (Pelajaran dijelaskan oleh guru.)

3. Latihan: Ubah Kalimat Aktif ke Pasif

A. Contoh Soal:

  1. The company hired many workers.
    • Passive: Many workers were hired by the company.
  2. She wrote a letter.
    • Passive: A letter was written by her.
  3. They delivered the packages.
    • Passive: The packages were delivered by them.

B. Latihan untuk Siswa:

  • The gardener watered the plants.
  • The manager checked the reports.
  • The team won the match.

4. Penggunaan Past Passive dalam Kalimat Sehari-hari

Kalimat pasif dalam bentuk past sering digunakan dalam laporan atau cerita ketika yang lebih penting adalah apa yang terjadi, bukan siapa yang melakukannya.

Contoh:

  • "The project was completed on time." (Proyek diselesaikan tepat waktu.)
  • "The homework was given yesterday." (Pekerjaan rumah diberikan kemarin.)

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Past Passive digunakan untuk memfokuskan pada tindakan yang telah terjadi di masa lalu.
  • Struktur dasar kalimat pasif melibatkan penggunaan "was/were" + kata kerja bentuk ketiga.
  • Memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif akan membantu dalam membuat kalimat yang lebih bervariasi dan efektif dalam komunikasi sehari-hari.

Tugas:

  • Ubah lima kalimat aktif lainnya menjadi pasif dan sebaliknya.

Diskusi Kelas:

  • Dalam situasi apa kita sebaiknya menggunakan kalimat pasif daripada kalimat aktif?
  • Berikan contoh kalimat pasif dalam bentuk past yang kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan bentuk pasif dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Latihan dan diskusi akan memperdalam pemahaman siswa mengenai penggunaan Past Passive dalam berbagai konteks

Daftar konten: 

LESSON 11 It's the third building on the right.

LESSON 11 It's the third building on the right.

materi segera hadir 

But, I Want you to do it with jake.

 But, I Want you to do it with jake.

materi segera hadir 

LESSON 12 Would you like to go to Scotto's?

 LESSON 12 Would you like to go to Scotto's?

materi segera hadir 

JEFF, BE AS CALM AS YOU CAN

 JEFF, BE AS CALM AS YOU CAN

materi segera hadir 




SHE IS AS BEAUTIFUL AS HER MOTHER

 SHE IS AS BEAUTIFUL AS HER MOTHER

Materi Ajar: Penggunaan Kalimat "She is beautiful as her mother"

Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami struktur kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris, khususnya penggunaan "as...as".
  • Mengidentifikasi kesalahan umum dalam membentuk kalimat perbandingan.
  • Menerapkan struktur kalimat perbandingan yang benar dalam bahasa Inggris.

Pendahuluan:

Kalimat perbandingan sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan bahwa dua hal atau lebih memiliki tingkat karakteristik yang sama. Salah satu cara untuk membuat perbandingan dalam bahasa Inggris adalah dengan menggunakan struktur "as...as". Namun, perlu diperhatikan bahwa ada perbedaan dalam penggunaan ketika membandingkan dua hal berdasarkan kesetaraan (equality) atau perbedaan (inequality).

Penjelasan Tata Bahasa:



  1. Struktur Perbandingan "as...as":

    • "as...as" digunakan untuk menunjukkan bahwa dua hal memiliki sifat yang sama atau setara dalam suatu aspek.
    • Struktur kalimatnya adalah:
      • as + adjective/adverb + as
    • Contoh yang benar:
      • She is as beautiful as her mother.
        • Artinya: Dia (perempuan) secantik ibunya.
        • Struktur ini digunakan karena kita membandingkan dua orang (dia dan ibunya) dalam hal kecantikan, dan menyatakan bahwa mereka sama cantiknya.
  2. Kesalahan Umum dalam Kalimat "She is beautiful as her mother":

    • Kalimat ini tidak mengikuti struktur perbandingan yang tepat karena menghilangkan satu kata "as" yang seharusnya ada di awal perbandingan.
    • Kalimat yang benar seharusnya: "She is as beautiful as her mother."
    • "as...as" adalah pasangan yang harus digunakan bersama untuk menyatakan kesetaraan. Tanpa "as" pertama, kalimat ini tidak lengkap dan tata bahasanya salah.
  3. Mengapa Struktur Ini Penting:

    • "as...as" memastikan bahwa pembaca atau pendengar mengerti bahwa dua hal yang dibandingkan memiliki tingkat sifat yang sama.
    • Kesalahan seperti yang ditemukan pada kalimat "She is beautiful as her mother" bisa menyebabkan kebingungan atau kesalahpahaman, dan membuat kalimat terdengar tidak alami bagi penutur asli bahasa Inggris.

Contoh Lain Penggunaan "as...as":

  1. The exam was as difficult as I expected.
    (Ujian tersebut sesulit yang saya perkirakan.)

  2. He runs as fast as a cheetah.
    (Dia berlari secepat seekor cheetah.)

  3. This movie is not as interesting as the book.
    (Film ini tidak semenarik bukunya.)

Latihan:

  1. Perbaiki kalimat-kalimat berikut dengan menggunakan struktur "as...as":

    • She is smart her brother.
    • The cake is delicious your pie.
    • His car is expensive my car.
  2. Buatlah kalimat perbandingan menggunakan "as...as" dengan menggunakan kata sifat berikut:

    • tall
    • bright
    • cold

Materi Ajar: Penggunaan Kalimat "She is as beautiful as her mother" dalam Perbandingan Setara

Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami konsep perbandingan setara (comparative of equality) dalam bahasa Inggris.
  • Mengidentifikasi struktur kalimat yang benar untuk menyatakan kesetaraan.
  • Mampu membuat kalimat perbandingan setara dengan berbagai kata sifat.

Pendahuluan:

Dalam bahasa Inggris, perbandingan setara (comparative of equality) digunakan untuk menunjukkan bahwa dua hal memiliki tingkat atau kualitas yang sama. Untuk membuat perbandingan seperti ini, kita menggunakan pola khusus yang melibatkan kata "as" di kedua sisi kata sifat atau kata keterangan.

Penjelasan Tata Bahasa:

  1. Struktur Perbandingan Setara:

    • Untuk membuat perbandingan setara dalam bahasa Inggris, gunakan struktur:
      • as + adjective/adverb + as
    • Struktur ini digunakan untuk menunjukkan bahwa subjek pertama memiliki kualitas yang sama dengan subjek kedua.
  2. Contoh Kalimat yang Benar:

    • She is as beautiful as her mother.
      • She (Dia) adalah subjek pertama, beautiful (cantik) adalah kata sifat, dan her mother (ibunya) adalah subjek kedua.
      • Kalimat ini berarti bahwa kecantikan si dia (perempuan) setara dengan kecantikan ibunya.
  3. Catatan Penting:

    • Jika Anda ingin menyatakan bahwa dua hal tidak memiliki kualitas yang sama, gunakan struktur:
      • not as + adjective/adverb + as
    • Contoh: She is not as tall as her brother.
      • Kalimat ini berarti dia (perempuan) tidak setinggi kakaknya (laki-laki).

Contoh Penggunaan Perbandingan Setara dengan Kata Sifat Lain:

  1. He is as smart as his sister.
    (Dia sepintar saudara perempuannya.)

  2. This car is as fast as that one.
    (Mobil ini secepat mobil itu.)

  3. The test was as easy as the last one.
    (Ujian itu semudah yang terakhir.)

  4. The weather today is as cold as it was yesterday.
    (Cuaca hari ini sedingin kemarin.)

Latihan:

  1. Buat kalimat perbandingan setara menggunakan kata sifat berikut:

    • kind
    • old
    • bright
  2. Ubah kalimat berikut menjadi perbandingan setara:

    • This bag is expensive. That bag is expensive too.
      → This bag is as expensive as that bag.

    • John is strong. Mike is also strong.
      → John is as strong as Mike.

Penutup:

Memahami cara menggunakan perbandingan setara dalam bahasa Inggris memungkinkan siswa untuk membuat pernyataan tentang dua hal yang memiliki tingkat atau kualitas yang sama. Penggunaan struktur "as...as" dalam perbandingan setara adalah keterampilan penting yang harus dikuasai untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris. 

Penggunaan struktur "as...as" dalam kalimat perbandingan adalah dasar penting dalam tata bahasa Inggris. Dengan mempelajari dan memahami bagaimana cara menggunakan struktur ini dengan benar, siswa akan mampu membuat perbandingan yang tepat dan efektif dalam bahasa Inggris.




)


Investasi Emas vs Saham: Mana yang Cocok untuk Anda?

Menabung dan Investasi Halo, Sobat Catatan Digital! Akhir-akhir ini, obrolan soal keuangan dan investasi makin ramai, ya? Mulai dari anak m...